NAMA SEKOLAH : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
PROGRAM KEAHLIAN : Semua Program Keahlian
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : X/ 1 & 2
STANDAR KOMPETENSI : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
tingkat Semenjana
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 80 X 45 menit
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 3 JAKARTA
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : X/1 & 2
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | KKM | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | NILAI PBKB & KEWIRAUSAHAAN | METODE PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1. 1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak | · Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak · Memberikan komentar atau ungkapan lisan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak · Memperbaiki lafal,tekanan, intonasi dan jeda yang tidak baku menjadi baku. | · 70 · 70 · 70 · 70 | · Lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan tidak | · Menggali informasi secara berkelompok tentang lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan tidak dari modul dan KBBI · Mendiskusikan secara berkelompok tentang lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan tidak · Menyimak wacana monolog/dialog yang bertemakan sosial · Mendiskusikan hasil menyimak wacana tentang lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak · Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan tidak | · Rasa ingin tahu · Mandiri · Kerjasama · Komunikasi · Peduli sosial · Menghargai prestasi · Kreatif Toleransi | - Audiolingual - Ceramah - Penugasan - Kooperatif learning | · Tes tulis · Observasi non akademik | 6 JP | · rekaman · Modul Tingkat Semen-jana · KBBI |
1. 2 Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat | · mengidentifikasi informasi lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci. · mengidentifikasi sumber informasi lisan. · mengenali ragam/laras bahasa · membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat · membedakan fakta dan opini | · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 | · Ciri-ciri informasi lisan dan sumber informasi · Perbedaan fakta dan opini. · Konsep dan ciri-ciri ragam/laras bahasa · Proses atau hasil | · Menggali informasi tentang informasi lisan yang bersifat factual, spesifik dan rinci dan sumber informasi dari buku modul dan KKBI · Membedakan informasi lisan berdasarkan sifatnya · Menyimak informasi lisan yang bertema sosial. · Mengidentifikasi informasi yang disimak berdasarkan sifatnya. · Menentukan sumber informasi lisan. · Mendiskusikan pengertian ragam/laras bahasa dan bahasa baku · · Membedakan proses dan hasil untuk memahami isi informasi. · Membedakan fakta dan opini | - Cinta tanah air, - Semangat kebangsaan - Kreatif - Rasa ingin tahu - Bersahabat - Tanggung jawab - Jujur - Peduli social - Inovatif - Ulet ( KWU) | - Audiolingual - Ceramah - Penugasan | · Jenis tes: * lisan * tulis *perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 6 JP | · rekaman · narasumber · Modul Tingkat Semenjana · KBBI |
1. 3 Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat | · Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit · Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik pindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit · Membuat catatan pokok isi bacaan sesuai dengan cara/teknik membuat catatan · Menjelaskan bagian bacaan tertentu secara rinci | · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 | · Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman · Cara/teknik untuk menemukan informasi dalam bacaan. · Cara/teknik mengungkapkan informasi secara lisan. · Cara/teknik menggunakan kamus. | · Membaca informasi tentang cara/teknik membaca cepat. · Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit · Menemukan informasi yang terdapat di dalam bacaan · Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik piindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit · Menemukan informasi yang terdapat di dalam bacaan · Menjelaskan bagian bacaan tertentu sesuai dengan isi bacaan. · Mengungkapkan kembali isi informasi dengan bahasa sendiri. | - Gemar membaca - Tanggung jawab - Disiplin - Berani - Jujur - Kerja keras | - Reseptif-Produktif - Komunikatif | · Jenis tes: * lisan * tulis *perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 4 JP | · Berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (Prosa, Puisi/lirik lagu) · Modul Bahasa Indonesia Tingkat Semenjana · KBBI dan Kamus Idiom/Kamus Peribahasa |
1. 4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks | · Mengidentifikasi berbagai informasi tulis. · Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi) · Menentukan fakta dan opini. · Membedakan proses dan hasil . · Mengungkapkan kembali informasi yang telah dibaca. · Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal · Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal · Menulis sumber informasi | · 68 · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 · 63,33 · 63,33 | · Cara/teknik mengidentifikasi informasi tulis. · Ciri-ciri jenis karangan. · Informasi dan teknik membuat teks nonverbal · Teknik mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram atau matriks secara verbal. | · Mengumpulkan informasi berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (tugas di luar jam TM) · Mengidentifikasi informasi tulis dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman · Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi). · Menentukan fakta dan opini. · membedakan proses dan hasil. · Mengungkapkan kembali informasi yang telah dibaca. · Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal · Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal · Menyusun sumber informasi | - Gemar membaca - Rasa ingin tahu - Tanggung jawab - Disiplin - Kreatif - Jujur - Mandiri - Komunikatif - (KWU) | - Reseptif-Produktif - Komunikatif - Presentasi | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 6JP | · Modul Tkt. Semenjana · Soedarso. (2002). Membaca Cepat (Speed Reading). · Keraf, G. (1999). Diksi dan Gaya Bahasa · Keraf,G. (1997). Narasi dan Argumentasi · Keraf, G. (1997). Eksposisi dan Deskripsi. · Keraf,G. (1987). Komposisi · KBBI · Parera,J.D. Belajar Mengemu-kakan Pendapat. · Koran |
1. 5 Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat | · Mampu mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat. · Membedakan makna kata akibat lafal dan artikuasi yang tidak tepat. · Mampu melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat. | · 70 · 70 · 70 · 70 | · Lafal dan artikulasi · Perbedaan makna akibat kesalahan artikulasi bunyi · Konsep lafal baku bahasa Indonesia | · Menyimak informasi lisan · Mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat · Menjelaskan perbedaan makna akibat lafal dan artikulasi yang tidak tepat. · Melafalkan kata dengan artikalasi yang tepat. | - Rasa ingin tahu - Bersahabat/ Komunikatif - Peduli sosial - Tanggung jawab - Disiplin - Cinta tanah air | - Reseptif-Produktif - Komunikatif | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 4JP | · Rekaman · Teks wacana · Modul B. Ind. Tkt. Semenjana · KBBI · EYD |
1. 6 Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat | · Menentukan pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam kalimat · Menggunakan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam kalimat · Memanfaatkan sinonim dalam pengembangan paragraf. | · 70 · 70 · 70 · 70 | · Pilihan kata (diksi), - ketepatan kata - kesesuaian kata - perubahan makna kata - denotasi dan konotasi - sinonim dan antonim - idiomatik · Bentuk kata dan ungkapan · Contoh penggunaan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dan tidak tepat | · Membaca teks dengan tema tertentu · Menentukan pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan yang tidak tepat dalam teks yang dibaca · Memperbaiki pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan dalam teks yang tidak tepat · Mendiskusikan pengertian pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan · Menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dalam kalimat dengan tepat | - Bekerja sama - Kreatif - Gambar membaca - Bersahabat/komunikatif - Rasa ingin thu - demokratis - Ketekunan | - Reseptif-Produktif - Komunikatif | · Jenis tes: * lisan * tulis · Bentuk tes: * objektif * uraian | 4 JP | · Kamus Umum · Kamus Khusus · Lirik Lagu, Iklan, Teks · Abdul Razak. (1992). Kalimat Efektif. · Tarigan. (1987).Pengajaran Gaya Bahasa. · Kamus Idiom · Abdul Chaer. (1997). Semantik Bahasa Indonesia. |
1. 7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun | · Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan · Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat · Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan | · 68 · 70 · 63,33 · 70 | · Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat: kaidah bahasa, nalar, ketersampaian pesan · Contoh kalimat efektif, komunikatif, dan santun · Contoh kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat · Contoh kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat. | · Menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar. · Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan berdasarkan dialog di atas. · Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat · Menyampaikan informasi dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun | - Komunikatif - Kreatif - Jujur - Kerja keras - Mandiri - Cinta Bahas indonesia - | - Reseptif-Produktif - Komunikatif - Kooperatif learning | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 6 JP | · Informasi lisan · Modul B. Ind. tkt. Semenjan · Anto Moeliono. Santun Berbahasa. |
1. 8 Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar | · Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dalam berbicara dengan memperhatikan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda · Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat | · 70 · 70 · 70 | · Konsep dan pola intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda · Teknik membaca indah · Contoh pengucapan kalimat yang jelas, lancar, bernalar, dan wajar. | · Menyimak informasi lisan (dialog/monolog) · Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dari dialog/monolog yang diperdengarkan berdasarkan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada, irama dan jeda yang benar · Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat | - Cinta bahasa Indonesia - Bersahabat - Gemar mebaca - Kreatif - Mandiri - Semangat kebangsaa | - Demontrasi - Diskusi | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 4 JP | · Siaran atau rekaman TV/radio, ceramah, pidato,khotb, dan lirik lagu · Modul B. Ind. Tkt. Semenjana |
1. 9 Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata | · Memahami informasi tentang kelas kata · Mengklasifikasikan kelas kata berdasarkan teks. · Menentukan penggunaan kelas kata · Menyusun rincian berdasarkan kelas kata · Menulis dengan memanfaatkan kelas kata. | · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 | · Konsep kelas kata · teks yang mengandung rincian yang berupa kelas kata · Contoh penggunaan kata berdasarkan kelas kata | · membaca informasi tentang kelas kata · membaca teks dengan tema tertentu. · Menjelaskan kelas kata · mengklasifikasikan kata berdasarkan kelas kata (sesuai teks). · menentukan penggunaan kata berdasarkan kelas (sesuai teks). · Menyusun rincian berdasarkan pemanfaatan kategori atau kelas kata · Menulis ± 3 paragraf dengan memanfaatkan kelas kata. | - Gemar membaca - Kreatif - Komunikatif - Rasa ingin tahu - Kerja sama | - Ceramah - Diskusi - Tanya jawab - Penugasan | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 6 JP | · Teks · Ramlan. (1987). Kelas Kata · Modul B. Ind. Tkt. Semenjana |
1. 10 Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat | · Memahami informasi tentang diksi, bentuk kata, dan ungkapan. · Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu. · Menentukan kalimat utama berdasarkan kerangka yang ditetapkan. · Memahami penggunaaan disksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam teks. · Mampu membuat beberapa teks tertulis dengan menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat. | · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 | · Pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan. · Penggunaan diksi, bentuk kata, dan ungkapan dalam teks. · Beberapa contoh teks tertulis yang berkaitan dengan kemasyarakatan (naskah pidato, ceramah, dan sebagainya). | · membaca informasi tentang pilihan kata (diksi) dan ungkapan yang tepat. · membaca contoh teks tertulis dari sumber tertentu · menemukan/mencari kalimat-kalimat (dalam teks) yang tidak menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat. · memperbaiki kalimat yang tidak menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan secara tepat. · membuat beberapa teks tertulis dengan menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan secara tepat. Misalnya: - Teks pidato - Teks ceramah. | - Gemar membaca - Kreatif - Komunikatif - Kerja sama Rasa ingin tahu | - Ceramah - Diskusi - Tanya jawab - Penugasan | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 6 JP | · Keraf, G. (1987). Diksi dan Gaya Bahasa · Modul B. Indoensia Tkt. Semenjana · Chaedar Alwasilah. (2005). Pokoknya Menulis · Akhadiah,S.dkk. (1997). |
1. 11 Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi | · Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan topik pembicaraan secara tertulis dengan santun · Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak secara tertulis dengan tujuan untuk memantapkan klarifikasi dan konfirmasi · Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jwaban) secara tertulis sesuai dengan tujuan dan situasi · Menyampaikan pertanyaan secar tersamar dengan kalimat tanya secara tertulis dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah | · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 | · Kalimat tanya: Pengertian, ciri-ciri, macam-macam kata tanya, jenis kalimat tanya · Kalimat tanya yang efektif dengan Formula 5W1H (what, who, why, when, where, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi komunikasi | · mengidentifikasi pokok-pokok permasalahan sebagai persiapan wawancara · Membuat daftar pertanyaan secara tertulis untuk persiapan wawancara. · Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan pokok permasalahan · Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak · Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jawaban) · Menyampaikan pertanyaan secara tersamar dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah | - Kerja keras - Tanggung jawab - Bersahabat - Rasa ingin tahu - Mandiri - Kreatif - Kepemimpinan - Menghargai Prestasi | - Ceramah - Diskusi - Tanya jawab - Penugasan - kontekstual | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 6 JP | · Parera, D. (1987). Belajar Mengemukakan Pendapat · Parera,J.D. (1987). Menulis Tertib dan Sistematik · Teks dari Media Cetak · Rekaman · Keraf,G. (1991). Tatabahasa Indonesia Baru · KBBI · Modul B. Ind. Tkt Semenjana |
1. 12 Membuat parafrasa dari teks tertulis | · Mengidentifikasi gagasan pokok dalam suatu paragraf. · Mengidentifikasi cara pengembangan gagasan pokok suatu paragraf. · Mengungkapkan kembali isi teks yang dibaca dengan kalimat sendiri secara tertulis. · Membuat parafrase lisan teks puisi. | · 70 · 70 · 70 · 70 · 70 | · Contoh parafrasa · Cara/teknik menyusun parafrasa | · Membaca teks (berita, iklan, tajuk rencana, cerita narasi,puisi) · Menemukan pikiran utama teks yang dibacanya · Menyusun parafrasa · Mengungkapkan kembali hasil parafrase | - Gemar membaca - Kreatif - Rasa ingin tahu - Kerja keras - Menghargai prestasi - Komunikatif - Tanggungjawab | - Diskusi - Tanya jawab - Penugasan - | · Jenis tes: * lisan * tulis * perbuatan · Bentuk tes: * objektif * uraian | 4 JP | · Rahmat Djoko Pradopo. (1997). Kajian Puisi · Modul B. Ind. Tkt. Semenjana · Lamudin Finoza. (2002). Komposisi · Media Cetak |